20 Juni 2024
  • Selamat datang di website resmi Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya
  • Jl. Ir. H. Juanda No. 191, Kelurahan Bantarsari, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya
  • 0812 1367 1006
  • dishub@tasikmalayakota.go.id

Sosialisasi Keselamatan Anak Sekolah

Sabtu, 21 April 2018 07:24

Latar Belakang

Ada tiga faktor yang menjadi penyebab kecelakaan, yaitu faktor manusia, kendaraan, dan lingkungan. aktor penyebab kecelakaan tertinggi adalah faktor manusia (human error), yang disebabkan kecerobohan pengguna jalan, kurangnya pemahaman pengguna jalan terhadap teknik berkendara, etika berlalu lintas dan minimnya kesadaran pengguna jalan terhadap kesalamatan berlalu lintas.

Salah satu metode untuk meningkatkan kesadaran dan budaya keselamatan jalan adalah dengan melakukan pendidikan akan pentingnya keselamatan jalan. Pendidikan keselamatan yang dilakukan pada anak-anak sejak usia dini mengenai pentingnya keselamatan di jalan merupakan cara untuk membentuk ola pikir dan karakter pada anak anak sehingga diharapkan mereka menjadi disiplin dalam berlalulintas. Anak-anak harus disiapkan sejak usia dini dengan harapan agar kelak menjadi generasi penerus yang baik mengingat anak-anak sebagai asset utama bangsa.

 

Maksud

Maksud dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas adalah sebagai Menumbuhkan Kesadaran akan pentingnya Berlalu Lintas yang aman dan selamat.

 

Tujuan

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas adalah untuk menekan angka kecelakaan di jalan khususnya pada anak-anak usia dini.

 

Ruang Lingkup

Ruang lingkup kegiatan sosialisasi keselamatan berlalu lintas ini adalah anak-anak usia dini pada jenjang PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK (Taman Kanak-kanak) atau sederajat, SD (Sekolah Dasar) atau sederajat, SMP (Sekolah Menengah Pertama) atau sederajat di wilayah Kota Tasikmalaya.

 

Berita Terkait